Penantian panjang peserta program pembiayaan IndoStar 2023 sudah berakhir. Program yang mempertemukan pemilik bisnis kuliner Indonesia di luar negeri dengan para investor ini telah memasuki puncak acara pada Sabtu (4/11) lalu.
Puncak acara IndoStar tersebut merupakan Demo Day atau Pitching Day dari 19 peserta yang lolos sebagai finalis. Pada Pitching Day malam itu, turut hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, yang memberikan semangat dan dukungan penuh kepada peserta untuk dapat menarik minat investor dalam membantu pendanaan bisnis kuliner mereka.
Interaksi Peserta dengan Calon Investor dan Menteri Parekraf RI
Sandiaga Uno juga mementori langsung salah satu peserta IndoStar yang dinilai sudah memiliki skema bisnis yang cukup menarik. Peserta beruntung tersebut adalah Ayu Saraswati, pemilik Rempah Restoran di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
Rempah Restoran yang didirikan oleh Ayu dan keluarga, sudah memulai debutnya sejak 2018. 5 tahun berselang, Rempah Restoran berhasil meraih rekognisi dari masyarakat lokal hingga turis mancanegara yang berkunjung ke Abu Dhabi.
Ayu pun memberanikan diri mengikuti program IndoStar guna memperoleh pendanaan untuk melakukan ekspansi bisnis restoran miliknya. Ia berencana membuka cabang baru di Kota Dubai, yang punya kepadatan penduduk lebih tinggi dibanding Abu Dhabi. Dubai juga merupakan tujuan wisata serta banyak kunjungan warga dunia, terutama masyarakat Indonesia.
Peserta lainnya pun turut menyampaikan harapan yang sama dalam mengelola pendanaan yang nanti akan mereka peroleh. Sebagian besar peserta mencantumkan rencana ekspansi dan pengembangan bisnis yang terstruktur dalam proposal pengajuan pendanaan serta business plan mereka. Mulai dari membuka cabang di tempat baru yang lebih strategis, memperbarui fasilitas restoran, hingga mengembangkan sumber daya manusia dan pekerja.
Calon investor dan para mentor pun memberikan apresiasi penuh kepada peserta yang tampil mempresentasikan business plan-nya. Sebanyak 15 calon investor dan mentor menghadiri puncak acara IndoStar dan siap membantu pembiayaan pengembangan bisnis kuliner peserta tersebut.
Perjalanan Program IndoStar 2023
Berikut daftar 19 peserta IndoStar yang maju dalam Pitching Day IndoStar 2023 Indonesia Spice Up The World.
Nama Bisnis | Lokasi |
Gerobak Sate Osaka | Jepang |
Solo Story | Amerika Serikat |
ID. Food | Turki |
Ny Ratna Kitchen | Australia |
Indolicious Takeaway | Namibia |
Turknesia Edu Foundation | Turki |
SUKU Freo | Australia |
PBK Noodles | Australia |
Rempah Restaurant | Abu Dhabi |
Jakarta Munch | Amerika Serikat |
Dapur Van Java | Australia |
Monggo Restaurant | Australia |
KOALI Lounge and Dine | Turki |
Bali Raya Bistro | Romania |
Lucky Indonesia Restaurant | Hong Kong |
IPI Denmark | Denmark |
Wisanggeni Pawon | Amerika Serikat |
Dapur Pari Keling | Hong Kong |
NaiNai Restaurant | Kanada |
Acara puncak Pitching Day tersebut menandakan berakhirnya rangkaian program IndoStar 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bersama MBN Consulting yang memulai tahapan kurasi pada Maret 2023 lalu.
Selama lima bulan berjalan, terhitung dari pendampingan dan mentoring yang dimulai sejak Mei 2023, 50 peserta berhasil lolos tahap kurasi awal dan mengikuti kegiatan pendampingan. Seluruh peserta merupakan diaspora Indonesia yang tersebar di 24 negara di dunia.
Target dari Program Indonesia Spice Up The World 2023
Program Indonesia Spice Up The World 2023 menargetkan 4 ribu restoran Indonesia di tahun 2025 untuk dapat tumbuh subur menduniakan kuliner serta cita rasa Indonesia. Sebagai perbandingan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand dan Vietnam, restoran Indonesia di luar negeri masih belum cukup mampu bersaing.
Sebagai contoh, berdasarkan data dari salah satu peserta IndoStar di New York, Jakarta Munch, terdapat 5 ribu restoran Thailand di seluruh penjuru Amerika Serikat. Padahal, hanya ada sekitar 300 ribu warga Thai-American yang tersebar di sana. Sementara itu, warga Indonesian-American di Amerika mencapai 130 ribu jiwa, namun hanya ada 50 restoran Indonesia yang tersedia.
Masakan Indonesia pun juga masih jauh kalah populer di luar negeri dibanding masakan Asia lainnya secara keseluruhan. Misalnya seperti makanan Jepang, China, Korea Selatan, India, atau Timur Tengah.
Untuk itu, diperlukan dukungan pemerintah dan pihak-pihak terkait demi mewujudkan mimpi bersama menumbuhkan restoran Indonesia di luar negeri. Mimpi tersebutlah yang mulai dibangun pemerintah Indonesia yang bekerjasama dengan MBN Consulting dalam program Indonesia Spice Up The World IndoStar 2023.
Program IndoStar tahun ini merupakan yang pertama sejak pertama kali Indonesia Spice Up The World dicanangkan pada 4 November 2021 lalu. Pertama kali dilaksanakan, program ini tentunya menjadi titik poros pada pelaksanaan program berikutnya di tahun-tahun mendatang.
Meski rangkaian program IndoStar telah berakhir, namun peserta IndoStar masih akan terus didampingi dalam proses negosiasi bersama para investor hingga akhir tahun nanti. Ditargetkan, seluruh peserta yang telah mengajukan pendanaan pada acara puncak Pitching Day Sabtu (4/11) lalu bisa memperoleh pendanaan dengan persentase hingga 100 persen.
Harapannya, program pertama yang sudah berjalan ini bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan performa bisnis kuliner para diaspora Indonesia. Berbagai kemudahan pun juga diperjuangkan pemerintah bagi para peserta. Seperti misalnya kemudahan proses ekspor bahan baku dan bumbu asli Indonesia untuk menjaga cita rasa masakan khas Nusantara.