Rangkaian program IndoStar yang diselenggarakan oleh MBN Consulting bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia terus berlanjut.
IndoStar adalah program inkubasi bisnis dengan pembinaan dan mentoring bagi pengusaha bisnis kuliner Indonesia di luar negeri. Program ini diikuti oleh 50 peserta diaspora Indonesia dari 24 negara yang sangat antusias mengikuti program mentoring ini.
Pada pembinaan yang dilaksanakan Selasa (4/7) lalu, peserta dibimbing terkait Business and Investment Advice dengan fokus pada pembuatan proposal bisnis untuk menarik investor. Pembinaan tersebut dimentori oleh Rizky Wihardi selaku Senior Consultant MBN Consulting.
Pemilihan mentor yang sudah berpengalaman di pengembangan bisnis, penjualan, investment, dan IT sangat membantu peserta dalam menapaki langkah awal pengembangan bisnis kuliner mereka.
Peserta diminta untuk mengerjakan proposal bisnis dan proyeksi perkembangan bisnis hingga tiga tahun ke depan. Proposal peserta kemudian diulas oleh mentor dan diberikan saran perbaikan.
Rizky memberikan beberapa tips agar pembuatan proposal bisnis dapat berjalan lancar dan mampu menarik minat investor dalam berinvestasi. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan beberapa cara berikut:
- Menawarkan besaran investasi dan saham yang akan ditetapkan pada investor.
- Menunjukkan jumlah penjualan yang terus meningkat dan proyeksi bisnis hingga tiga tahun ke depan.
- Membuat proposal bisnis yang reasonable agar bisa menjalankan bisnis sesuai proposal tersebut nantinya.
Kegiatan ini akan terus berlanjut hingga bulan Oktober nanti di mana peserta akan melakukan presentasi langsung di depan investor.
Program ini diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan restoran dan bisnis kuliner Indonesia di luar negeri. Selain itu, dengan cara ini, diaspora juga dapat dengan mudah memperkenalkan kuliner Indonesia di mancanegara.
Baca Juga: Rangkaian Program IndoStar: Bisnis Kuliner Indonesia di Mancanegara Punya Prospek Cemerlang